Selasa, 20 Januari 2015

Biografi Hanum Salsabiela Rais - Penulis Novel "99 Cahaya di Langit Eropa"





Nama       : Hanum Salsabiela Rais
TTL         : Yogyakarta, 12 April 1982
Pekerjaan : Jurnalis, Presenter di Trans TV, dan Penulis.
Pasangan  :
Rangga Almahendra
Contact     : hanumrais@gmail.com



Hanum Salsabiela Rais


Hanum Salsabiela Rais adalah putri dari pasangan Muhammad Amien Rais dan Kusnasriyati Sri Rahayu. Hanum lahir di kota Yogyakarta dan menempuh pendidikan dasar Muhammadiyah di Yogyakarta. Setelah Hanum menyelesaikan pendidikan dasarnya, ia pun melanjutkan kuliah di FKG UGM. Hingga Hanum mendapat gelar sebagai Dokter Gigi dari FKG UGM. Hanum mengawali karir sebagai jurnalis dan presenter di TRANS TV. Ia sangat menekuni pekerjaannya tersebut.

Awal mula Hanum memulai pengembaraannya di benua Eropa bersama suami yang memenangkan beasiswa dari Pemerintah Austria untuk studi S3 di WU Vienna. Hanum tinggal di Austria dengan suami tercintanya Rangga Al-mahendra. Kemudian Hanum bekerja di dalam proyek video podcast Executive Academy di WU Vienna selama 2 tahun. Dan Hanum juga tercatat sebagai koresponden detik.com bagi kawasan Eropa dan sekitarnya. Ia bekerja dengan sepenuh hati untuk berjuang di tanah Eropa dimana umat Muslim sebagai minoritas. Perjuangan yang tidak mudah untuk bertahan di negara yang Muslim sebagai kaum minoritas..

Pada tahun 2010, Hanum menerbitkan buku pertamanya, Menapak Jejak Amien Rais: Persembahan Seorang Putri untuk Ayah Tercinta. Sebuah novel biografi tentang kepemimpinan, keluarga dan mutiara hidup. Buku yang ia persembahkan untuk ayahnya tercinta. Buku yang mengisahkan tentang perjuangan Muhammad Amien Rais.

Kemudian p
ada tahun 2013, Hanum juga menerbitkan buku 99 Cahaya di Langit Eropa: Perjalanan Menapak Jejak Islam di Eropa. Karya yang dibuat oleh Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra adalah sebuah buku istimewa. Buku ini adalah novel sejarah Islam di Eropa yang berbeda dengan karya – karya lain tentang pertemuan dan perbenturan Islam dengan Eropa. Suatu hal yang istimewa yang diraih oleh Hanum.

"Menurut saya, makna sebuah perjalanan harus lebih besar dari pada itu. Bagaimana perjalanan tersebut harus bisa membawa pelakunya naik ke derajat yang lebih tinggi, memperluas wawasan sekaligus memperdalam keimanan. sebagaimana yang dicontohkan oleh perjalanan hijrah Nabi Muhammad saw. dari Mekah ke Madinah. Umat Islam terdahulu adalah "traveler" yang tangguh." Tutur Hanum dalam novelnya 99 Cahaya di Langit Eropa.
Kata - kata di atas sangat bagus untuk dipraktekan oleh para traveler sebagai perjalanan yang penuh dengan makna. Menemuh perjalanan yang sekaligus meningkatkan derajat serta keimanan.

Banyak lagi karya - karya Hanum Salsabiela Rais, di antaranya: Menapak Jejak Amien Rais, 99 Cahaya di Langit Eropa, Bulan Terbelah di Langit Amerika, dan Berjalan di Atas Cahaya.












Referensi:

6 komentar:

  1. mbak minta alamat rumah lengkap??mau sowan??

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. hi,
    I am algerian i read a lot about this book i was the movie in Indonesian i got the general idea, but i really want to get into the story so I wanna ask if it is translated in any language?

    BalasHapus
    Balasan
    1. as i know, there was no translated in any language yet and the story line of the book was very awesome

      Hapus
  4. terimakasih informasinya bermanfaat, jangan lupa juga kunjungi balik website resmi saya http://bit.ly/2nPYhzK

    BalasHapus